Mengatasi Screen Laptop yang Gelap

Jika Anda menemukan bahwa layar laptop Anda tiba-tiba gelap, maka Anda harus tahu bahwa ada beberapa kemungkinan alasannya. Tidak mungkin untuk secara akurat dapat mengetahui penyebab pasti, karena kemungkinan terdapat banyak kabel, konektor dan perangkat yang perlu berfungsi dengan baik? untuk menjaga layar laptop komputer bekerja sebagaimana mestinya. Jika laptop Anda tiba-tiba gelap secara acak maka Anda tidak harus panik dan harus mengikuti prosedur pemecahan masalah yang sistematis.

screenlaptop

Screensaver
Alasan paling jelas mengapa di layar laptop menjadi hitam adalah screensaver. Ini adalah mode di mana komputer berlangsung jika dibiarkan idle untuk jumlah waktu yang ditetapkan. Untuk membuat mesin itu keluar dari mode screensaver semua yang perlu Anda lakukan adalah memindahkan mouse komputer sedikit, atau tekan tombol apa saja acak pada keyboard. Anda juga dapat mengubah pengaturan jumlah waktu komputer harus ontime sebelum masuk ke mode screensaver. Untuk melakukan hal ini klik kanan pada desktop Anda, pilih 'Properties', pilih tab 'Screensaver' dan kemudian mengubah semua pengaturan yang Anda ingin berubah.

Hibernate atau Standby Mode
Jika laptop dibiarkan idle untuk waktu yang lama, kadang-kadang berubah ke mode hibernate atau standby secara otomatis, untuk mempertahankan kekuasaan di baterai laptop. Yang perlu Anda lakukan dalam kasus ini adalah tekan tombol power dan laptop akan beralih kembali. Dalam kebanyakan kasus, Anda akan mencapai layar di mana komputer Anda akan terkunci dan Anda harus memilih salah satu dari ikon pengguna yang Anda lihat. Jika Anda telah mengaktifkan proteksi password maka Anda harus memasukkan password Anda juga. Jika layar laptop Anda berjalan hitam setelah beberapa menit maka Anda harus menekan tombol power dan melihat apa yang terjadi.

Komputer Crash
Salah satu alasan yang rumit mengapa layar laptop menjadi hitam adalah crash. Hal ini bisa terjadi karena berbagai alasan dan sangat sulit untuk diperbaiki. Anda harus membawa CPU ke toko komputer, dan mereka akan membuka laptop di sana untuk mencari penyebabnya. Tak perlu dikatakan, ini bisa membuat Anda mengeluarkan cost beberapa ratus dolar juga. Kecelakaan bisa disebabkan oleh overheating, atau mungkin bahkan sebuah kabel listrik yang longgar. Satu solusi untuk Anda adalah memutar file audio jika layar laptop menjadi hitam. Jika tidak bermain di semua kemudian ada sesuatu yang salah dengan keseluruhan sistem, tetapi jika file audio berhasil dimainkan maka hanya layar laptop yang bermasalah.

Virus
Ada beberapa virus komputer yang dapat menyebabkan masalah ini, namun sebagian besar program antivirus secara efektif dapat berurusan dengan virus. Perbarui perangkat lunak antivirus Anda secara teratur dan pastikan Anda mendownload semua Firmwares, dan virus semacam ini akan berhasil digagalkan. Jika komputer Anda terinfeksi virus tersebut maka driver video Anda pasti akan terpengaruh, dan bahkan kartu video Anda bisa terkontaminasi. Semua ini membuat layar komputer Anda menjadi hitam, dan dalam beberapa kasus, layar laptop Anda bahkan akan menjadi biru.

Driver dan Program
Driver video yang penting untuk membuat fungsi monitor komputer dengan benar. Jika layar laptop Anda berjalan hitam setelah startup secara konsisten, maka mungkin adalah driver video Anda yang rusak. Untuk mencegah situasi ini, Anda harus terus meng-upgrade driver video Anda, dan juga sebaiknya hentikan penggunaan driver video bajakan. Tidak apa menghabiskan uang ekstra untuk mendapatkan driver berlisensi, karena Anda akan menghemat banyak pengeluaran yang tidak perlu di masa mendatang.

(RV/ICTF)

Category: 6 komentar

6 komentar:

Unknown mengatakan...

laptop saya gelap saat cas TIDAK belangsung..!

Chocobo mengatakan...

Kurang bermutu

Ko mengatakan...

mas laptop saya kok pas buat play video kok berubah ya ? jadi agak burem , gaj kayak sebelumnya . itu kenapa ya mas ?

admin mengatakan...

hemmm ini mah bukan masalah yang saya hadapi

Mantan Wong Kampus mengatakan...

Gan minta tolong..ge mn ngatasi laptop yg redup bila chargernya dicabut, padahal batreynya penuh?
Trima kasih

Paipai mengatakan...

thanks gan sudah share
Solder Infrared

Posting Komentar